Islamic Widget

Selasa, 20 April 2010

MaKnA sEBuAh KeSaBaRaN


Salam..syukur kehadrat Ilahi kerana mengurniakan daku Kesihatan untuk terus Beribadah kepadanya...Alhamdulillah masih dapat terus menulis blog ni lagi walaupun dalam kesibukkan peperiksaan...Baru2 nie ada seorang sahabat bertanyakan soalan kepada ana mengenai kesabaran...adakah batas dalam kesabaran??...ana sendiri kurang pasti.. jadi untuk tidak mengecewakan sahabat itu, ana cuba mencari jwapannya.. makna sebenar kesabaran itu... agar sma2 dapat berkongsi ilmu..InsyaAllah.. cuaba baca coretan dibawah ini...~

Tak cukup lisan ini mengutarakan semua yang tertampung dalam 1 kata: S.A.B.A.R
Oleh kerananya,ana hanya mengutip beberapa ayat dan hadits populer yang berkenaan dengan ini:

* “Dan, sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan”. (An-Nahl : 96)

*“Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas”. (Az-Zumar : 10)

* ”Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga serta bertakwalah kepada Allah supaya kamu beruntung.” (QS 3: 200)

* “Mereka itulah yang mendapatkan keberkatan yang sempurna dan Rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS. Al-Baqarah (2):155-157)

* Dari Suhaib r.a., bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Sungguh menakjubkan perkaranya orang yang beriman, karena segala urusannya adalah baik baginya. Dan hal yang demikian itu tidak akan terdapat kecuali hanya pada orang mukmin; yaitu jika ia mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan yang terbaik untuknya. Dan jika ia tertimpa musibah, ia bersabar, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan hal terbaik bagi dirinya.” (HR. Muslim)

Fashbir… Shabran Jamilan…
Sabarlah… Kesabaran itu indah…

Tak cukup pula sekadar kata-kata menggambarkan keindahan kesabaran Rasulullah, teladan utama dan pertama orang2 mukmin:

* Masih ingatkah sahabat tentang bagaimana respon beliau saat malaikat penunggu gunung menawarkan agar membinasakan kaum di tha’if yang melemparinya dengan batu setelah menyeru mereka kepada Allah? Beliau menjawab, “Sesungguhnya mereka hanya kaum yang tidak tahu… aku justru berharap keturunan mereka ada yang beriman…”
* Masih ingatkah sahabat saat beliau setiap hari dicaci oleh pengemis yahudi buta di pasar sementara beliaulah yang tiap hari menghaluskan makanan pengemis tersebut? Kesabaran yang tiada batas digambarkan dengan sikap kasih dan cinta beliau kepada ummat
* Bahkan, saat ajalnya pun yang beliau ingat hanyalah keselamatan ummat. Rasa sakit sakaratul maut pun tak membuatnya melupakan ummatnya: ummati… ummati… kesabaran apakah yang dimiliki beliau ini??

Slogan “kesabaran itu ada batasnya” benar-benar tak ada di zaman pertama perjuangan Islam. Para syuhada pun bersabar hingga akhirnya maut menjemput mereka. Kesabaran mereka benar-benar terbatas saat jiwa terpisah dari raganya. Sebelum itu, mereka tak berhenti memerangi musuhnya (jiwa mereka sendiri juga) untuk mempertahankan iman sampai akhir hayatnya.

Adapun beberapa langkah untuk meningkatkan kesabaran di antaranya adalah:
1. Mengkikhlaskan niat kepada Allah SWT
2. Memperbanyak tilawah karena al-Qur’an merupakan ubat bagi hati insan. Masuk dalam kategori ini juga adalah zikir kepada Allah.
3. Memperbanyak puasa sunnah untuk menahan syahwat
4. Mujahadatun Nafs, yaitu sebuah usaha yang dilakukan insan untuk berusaha mengalahkan keinginan jiwa
5. Mengingat-ingat kembali tujuan hidup di dunia
6. Perlu mengadakan latihan-latihan untuk sabar secara pribadi
7. Membaca-baca kisah-kisah kesabaran para sahabat, tabi’in maupun tokoh-tokoh Islam lainnya
dan tentu saja masih ada langkah2 lainnya yang tidak disebutkan.

Kesabaran tidak sama dengan pasrah dan menyerah yang didengungkan beberapa cerita aneh. Sabar justru mengajarkan mukmin untuk tetap ada dalam kebaikan dan ikhtiyar selama Allah redha kepadanya. Akan tetapi, saat hasil yang didapat tidak sesuai dengan effort ikhtiyar, maka sabar jugalah yang mengajarkan bahwa kita harus tetap percaya kepadaNya.

2 ulasan:

mojo.jojo111 berkata...

Alhamdulillah... minta izin share ye tuan rumah..

mohamad amin berkata...

minta izin tuk share wahai empunya blog..